Persatuan Jobseeker Seluruh Indonesia (PJSI)

pencari-kerja2

Pekerjaan apa yang dari taon ke taon makin banyak peminatnya?? dokter? bukan, engineer? salah, tukang tipu? hampir bener, jawabannya adalah Jobseeker. Pekerjaan yang satu ini memang terus bertambah dari taon ke taon, seiring dengan terus bertambahnya pengangguran di negara ini.

Menurut peneliti dari Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI, Latif Adam, angka pengangguran di Indonesia diperkirakan akan naik sebesar 9 persen di tahun 2009 dari tahun lalu, sekitar 8.5 persen. Menurutnya, kenaikan junlah pengangguran ini lebih disebabkan menurunnya penyerapan tenaga kerja dalam bidang industri, yang mencapai 36.6 persen pada kuartal kedua di tahun 2008 ini.

Lha gimana pengangguran mo gak nambah, wong jumlah penduduk terus nambah sedangkan jumlah lapangan pekerjaan cenderung tetep, bahkan menurun akibat adanya krisis global, banyak perusahaan-perusahaan gede yang sekarang gulung tikar, bahkan memPHK jumlah pegawainya. Apalagi pendidikan sekarang masih belum mendidik murid buat jadi pencipta lapangan pekerjaan tapi cuma mendidik gimana cara motong rumput lapangan, nyapu lapangan alias cuma buat jadi pekerja.

Bukti hidup kalo jobseeker semakin banyak bisa diliat di acara-acara career expo, pasti selalu full oleh para jobseeker. Seperti kemaren waktu gw menghadiri Career Expo di ITB dan Jobfair di Braga Bandung dan untung aja ngga jadi ke jobfair Kartini, bah suasananya udah kayak pasar malem aja, rame banget orangnya dari berbagai kota, semuanya berlomba-lomba buat nitipin CVnya ke para recruiter dari perusahaan-perusahaan yang jadi peserta expo. Kalo semuanya di kumpulin nih bisa dibikin partai baru namanya PJSI (Perkumpulan Jobseeker Seluruh Indonesia)

Sangking banyaknya CV yang didrop, gw jadi mikir gimana caranya perusahaan buat nyortir CV itu, jangan-jangan kayak mo milih pemenang undian aja, mata rekruiternya ditutup pake kain trus tangannya ngocok-ngocok CV dan akhirnya dipilihlah para calon-calon karyawan…ck.ck.ck (ini beneran lo berdasarkan fakta) heran aja temen gw yang IPKnya udah hampir kepala 4 danpunya pengalaman yang segudang kok biasnya ngga terseleksi. Emang hidup itu penuh keberuntungan. Perusahaanya pun bermacam-macam, dari perusahaan yang bonafid sampe perusahaan yang kedengeran aja jarang.

Menurut kacamata kuda saya, ada 2 golongan jobseeker, pertama adalah jobseeker murni yaitu orang yang menjadi jobseeker karena belum dapet kerjaan alias gagal mulu kalo tes, yang kedua adalah jobseeker terhormat yaitu orang yang sudah kerja tapi masih nyari-nyari kerja. Kejadian yang khas kalo saya menghadiri career expo adalah ketemu lagi dengan orang-orang yang sama saat career expo ditempat lain, baik orang itu jobseeker murni ato jobseeker terhormat. STT maning..STT maning nambah saingan aja ne😀

Kalo yang jobseeker murni, mungkin karena nasibnya belum beruntung, nah kalo yang jobseeker terhormat, alasannya beragam, seperti temen si A, dia sudah bekerja di sebuah perusahaan asing tapi masih mo cari yang lain karena gajinya kecil, ato si B, dia pingin nyari kerja lain karena ngincer yang kariernya bagus sebab itu syaratnya dia buat merried sama pacarnya, ada juga si C yang jadi jobseeker lagi karena kerjaan di perusahaan yang sekarang tidak cocok dengan keinginannya, sampai-sampai temen saya yang termasuk dalam kategori jobseeker terhormat punya motto ” kerjaan yang sekarang tuh sampingan, kerjaan yang utama adalah jobseeker “.

Gw jadi inget kata-kata satu temen sewaktu tanya alasan kenapa dia mo jadi jobseeker lagi, ” Man, cari kerja tuh jangan hanya mikir gajinya aja tapi yang lebih penting sreg dengan hati karena kamu nanti akan menghabiskan sebagian besar waktumu di kerjaan “. Ada benernya juga kata temen saya ini, misalkan kita kerja dari jam 8 sampe jam 5, berarti 9 jam kita habisin di tempat kerja, bayangkan kalo selama 9 jam itu kita ngelakuin kerjaan yang ga kita senangi ato dilingkungan keja yang ga kita senangi.

Tapi kalo ngeliat realita sekarang, apa mungkin para jobseeker itu akan mendapatkan kerjaan yang sreg dengan hati mereka, kerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka?.

kalo kita masih punya kesempatan dan kekuatan buat nyari kerja yang sesuai dengan hati kita, gak ada salahnya kita coba tapi kita juga bisa berusaha mencintai pekerjaan yang kita dapat sekarang ini, ato mencari suatu hal yang bisa mengalihkan rasa tidak suka kita, agar kita gak melewatkan waktu dengan sia-sia. Dijaman sekarang ini , kayaknya filosofi ini yang paling cocok, sayang sekali rasanya kalo hidup yang sekali ini kita lewati dengan melakukan hal yang gak kita senangi tapi kadang kenyataan memang gak berjalan seindah yang kita bayangkan, reality bites………hunting job lagi ahh…..(ngenet ngenet…sambil nungguin inter vs juve maen)

5 Responses to “Persatuan Jobseeker Seluruh Indonesia (PJSI)”


  1. 1 moehammadiqbal November 23, 2008 at 8:59 am

    Hahahaahaha SEmOga Beruntung

  2. 2 lailifitria November 23, 2008 at 10:02 am

    he eh kalo pas ada jobfair wuiiih berasa gathering jobseekers..

    tapi emang si..kadang perlu milih juga
    ga asal embat
    pilih yang “sesuai”
    kriterianya ya relatip
    standar orang beda2 soalnyah

    gudlak Ris

  3. 3 Yugo November 28, 2008 at 2:20 pm

    assalaamu’alaykum wr.wb

    Man..pa kabar? wew..blognya rame ya? ckckck kereen
    btw..gw kok kayaknya kenal sama motto blognya?
    “there is nothing to be worried when Allah besides us” hmmm… alhamdulillah..

  4. 4 kumanz December 2, 2008 at 6:48 pm

    @all

    tetap semangat………………

  5. 5 asri December 5, 2008 at 2:39 am

    PPJSI berarti, partai perkumpulan job seeker indonesia😉

    ada-ada ajah ;p

    btw, asr taroh kk d blogroll asr ya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




logo_ittelkom

Twitter Updates

Blog Stats

  • 153,702 hits

Top Rated

logo_ittelkom logo_ittelkom

%d bloggers like this: