lulus SMU mau masuk mana??

begini ceritanya adik sepupu saya namanya linda yang baru saja lulus SMA dan sedang sibuk2nya mencari perguruan tinggi yang cocok buatnya….awalnya dia sangat tertarik sekali untuk masuk sekolah kepolisian….

hah saya sempet kaget waduh kok niat banget masuk polisi lin, knapa ngga nyari perguruan tinggi negri/swasta dan pilih jurusan yang sesuai dengan background km. apa donk kak linda juga bingung milih apa. sampai-sampai orang tuanya telepon kira-kira anak saya enaknya masuk mana ya, tar kalo dah lulus kerja dimana ya? saya jelaskan apa adanya sepengetahuan saya…wah wah emangnya saya yang menakdirkan anak paman…

dan setelah cerita bla bla bla. akhirnya linda mengurungkan niatnya untuk mendaftar di kepolisian.

linda : kak linda ngga jadi masuk kepolisian dan skrng linda pengen masuk itt telkom kayak aa’ aris,

ternyata permasalahannya ngga sampe disana aja, saya baru tau kalo linda ini berasal dari background IPS, suatu hal yang langka buat anak IPS untuk masuk ke IT Telkom apalagi bertahan didalamnya…tesnya saja udah ktemu fisika dan matematika yang bukan makanan sehari-hari anak IPS

saya : lin, anak STT ada ko beberapa yang dari IPS tapi langka banget, kalo kamu bisa lulus keren banget, semangat belajar ya.

karena tidak enak dia sudah semangat sekali untuk masuk IT Telkom, akhirnya saya menganjurkan untuk masuk jurusan yang hampir cocok dengan background IPS, yaitu teknik industri. untuk pilihan pertama teknik industri aja lin, yang berikutnya terserah kamu…

saat pengumuman tes gelombang 1 ternyata linda lulus di poltek telkom program D3 komputer akuntansi. ….wah saya jadi bingung, memang poltek telkon masih satu yayasan dari Telkom, tapi karna kampus ini masih baru dan saya denger juga akuisisi dari kampus laen jadi lulusannya blom bsa diprediksi masuk mana. kemudian saya sarankan untuk ikut gelombang 2 dengan resiko kelulusan di gelombang 1 hangus…

saya : gini aja lin untuk PTN kamu pilih peminatan yang sesuai dengan background kamu misalnya HI, akuntansi, dll. sedangkan untuk swasta linda fokus aja untuk tes gelombang 2 n daftar swasta yang laen sebagai cadangan…

waduh sepertinya sekarang linda lagi bingung karna saya serahkan sepenuhnya keputusan kepada dia….

ada yang punya info g tentang universitas swasta terbaik di Bandung?? unisba, maranatha , pasundan, itenas ??? hmmm

sebagai informasi yg saya dapat dari tv swasta, data tenaga kerja yang paling dibutuhkan saat ini adalah:

1. bidang IT

2. akuntansi

8 Responses to “lulus SMU mau masuk mana??”


  1. 2 lailifitria May 12, 2008 at 9:43 pm

    resiko jadi seorang kakak..
    taun kemaren gw juga gitu.
    sekarang adek gw kuliah di t4 yg sama kek gw padahal gw ga pernah nyaranin bwt masuk IT TELKOM.

    tapi kalo background’nya IPS mungkin agak susah ya ris.kalopun bisa lolos,takutnya kurang bisa ngikutin kuliahnya.karena walopun anak industri,semester 1&2 mesti dapet fisika,kimia,kalkulus.
    bukan masalah pinter atw ga. tapi kalo IPS kan terbiasa menghafal, jadi takutnya kaget pas dapet kuliah yg bertaburan rumus.
    kalo STMB gimana,,

  2. 3 mylongjourney May 14, 2008 at 4:29 am

    ngapain lo pusing nentuin urusan yang seharusnya dipikirin adikmu..dia kan dah tamat SMA harusny dah bisa nentuin sendiri mau kemna dengan resiko sendiri..kenapa lo yang harus bingung..mending jangan ngambil tanggung jawab yang lo susah untuk pertanggung jawabkan.. kalopun misalnya adik lo jadi masuk STT trus dia gak kuat, trus nyesel, elo jugak yang kena kan…mendingan kata2 lo yang kedua, arahin dia ke bidangnya..secara anak IPS gitu ya…

    teknik industri tuh susah juga nyong, programmingnya jg ada kan macam logware dll. ntar malah ribet lagi tuh sodara lo si linda..agak susah untuk ngajarin logika anak teknik ke anak sosial…gak nyambung..

    eh atu lage nyong, Oil & Gas…prospek juga tuh…hehehe…(gak mau kalah gw)

  3. 4 aris khomeini May 14, 2008 at 6:48 am

    @okta sihotang
    wah sama2 punya adik yg sibuk cari perguruan tinggi y

    @lailiftria
    untuk anak IPS emang langka banget masuk ITT, apalagi bertahan didalamnya…aku jg dah nyaranin buat masuk STMB…mudah2an aja dia berubah pikiran dan mau ikut gelombang2.

    @melon
    ia jg lon, malah gw yang bingung…masalahnya buapaknya nanyain gw panjang lebar tentang masalah ini….mungkin mreka anggap gw orang yang lebih pengalaman…y mudah2an aja omongan gw g dianggap sebagai doktrin…
    haha……
    teknik perkapalan maksud loh…tetep aja teknik dul

  4. 5 mylongjourney May 14, 2008 at 7:34 am

    hidup teknik perkapalan a.k.a naval architecture, the best marine study program in south east asia…wekekeke…

  5. 6 mylongjourney May 14, 2008 at 7:35 am

    Industri Oil & Gas tuh tingkat salarynya gila2an nyong….

    bayangkan yah…akuntannya aja nih ya..akuntan fresh graduate bisa dapet 3 jt..itu bru akuntan…tapi gag tau juga tuh akuntan kerjanya di mana???gak pernah liat mukanya..

  6. 7 Okta Sihotang May 16, 2008 at 2:05 pm

    udah bgimana adiknya ??

  7. 8 mell May 14, 2011 at 3:27 pm

    akk jg bingung mau ambil jurusan apa.. akk dari IPS..
    minatnya sih HI, Hukum, ato Geografii…

    cocok gag yahh?? saran nya donk..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




logo_ittelkom

Twitter Updates

Blog Stats

  • 153,702 hits

Top Rated

logo_ittelkom logo_ittelkom

%d bloggers like this: