sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

akhirnya saat yang ditunggu2 tiba jg, yang lagi pada sibuk belajar….atau SKSan.. minggu-minggu ini mahasiswa STT pada sibuk menghadapi apa yang namanya UTS. dimana pada masa2 ini kebiasaan lama kita yang biasa bermalas2an, berDOTAria akan berubah menjadi lebih rajin, begadang pun tak jadi masalah untuk mempelajari hal-hal tertentu yang mungkin pada hari biasa tidak kita hiraukan. Ya, itulah tradisi yang melekat pada mhs STT tempat fotokopian dibanjiri dngn mhs yang selalu sibuk saat ujian…pinjem catatan, fotocopy soal mulai dari kisi2 sampai bahan ujian.

Tapi sepertinya ada yang hilang. Rutinitas lama menjelang ujian yang biasa gw alami tiap semester, kali ini hanya bisa melihat teman-teman yang sibuk fotokopi bahan-bahan ujian n mengurung diri didalam kamar. Eits…tar dulu gw kan blom lulus…walaupun g ada UTS tapi ada ujian yang lebih berat yaitu TA….wedew…minum panadol dulu ah…

banyak perubahan yang dialami seseorang setelah ia mengalami ujian. walaupun perubahan itu ada yang bersifat baik atau sebaliknya. Sebenarnya setiap orang yang hidup, ia pasti akan diuji, baik ujian yang bersifat fisik maupun mental, lahir maupun batin. sehingga tidak ada seorang pun yang hidup didunia terhindar dari ujian. Ujian2 yang diberikan Allah kepada manusia akan selalu diberikan menurut kadar dan kemampuan. Allah Maha Mengetahui pastilah Dia akan bijaksana dalam memberikan ujian terhadap seseorang.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Insyirah 5-6 : “karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Ini bukti bahwa Allah SWT tidak akan pernah memberikan kesulitan yang tidak bisa diselesaikan oleh hamba-Nya. DAn tiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. tergantung pada usaha yang kita lakukan dalam mencapainya. Cepat dan lambatnya pencapaian akhir keinginan ada di tangan kita. Hal yang sama yang akan kita rasakan nanti pada saat menghadapi ujian. dimana malam sebelumnya kita berkutat dengan buku dan solusi soal, karena merasa besok adalah HARI BESAR. penentu masa depan, pembuktian kesungguhan dalam menjalankan amanah belajar dari orang tua.

Usaha yang kta lakukan sudah sedemikian keras dan optimal, ditambah keyakinan dan percaya diri yang besar. Padahal kita belum tahu hasil apa yang akan kita peroleh nanti. Namun, Allah sesungguhnya tidak akan melihat hasil, tetapi proses dalam mencapai hal itu. Karena Allah sudah tahu, di saat kita mengoptimalkan potensi kta itu berarti kita bersungguh2 dan berpasrah pada-Nya. Dan akhirnya nanti pasti tidak akan mengecewakan kita dan inilah yang terbaik bagi kita

sebenarnya ujian adalah sebuah tes perbandingan kemampuan seseorang. Dimana ada kalanya tes itu berhasil, namun ada juga yang merasa gagal. jika berhasil ia akan mendapatkan nilai yang bagus, begitu jg sebaliknya. Namun parameter keberhasilan tidak hanya diukur dari nilai2 yang keluat setelah ujian, namun banyak sekali aspek yang dapat ditinjau. ujian tidak hanya sebagai alat penghasil nilai, namun bisa jg berfungsi untuk menganalisa kekurangan yang ada pada diri kita. semakin banyak seseorang mendapat ujian, maka ia pun akan terbiasa dengan hal2 yang rumit. sehingga akan sangat memungkinkan untuk menghasilkan suatu pemecahan masalah yang lebih cermat, cepat , dan tepat di dalam kehidupan nyata. Semakin sering seseorang gagal, maka peluang dia untuk berhasil semakin besar….kata itu yang pernah gw bilang ma anak-anak pas presentasi SG..halah

akhir kata ujian hanyalah sebuah momen khusus yang diberikan kepada menusia, sehingga ia mampu mengambil hikmah dari ujian tersebut. dan hikmah tsb akan muncul bila kita berusaha maksimal untuk mencapainya. dan percaya lah bahwa Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana yang mana tidak akan memberikan segala sesuatu yang tidak menurut kemampuan dan kadarnya. Hehe jadi termotivasi nih buat ngerjain TA…

Buat temen-temen yang lagi sibuk belajar…met ujian ya….GANBATTE

20 Responses to “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”


  1. 1 Chic April 8, 2008 at 2:53 am

    semoga sukses ujiannya…😀

  2. 2 lailifitria April 8, 2008 at 5:27 am

    huhuhu,,,
    tiap mw ‘naik kelas’ emang mesti diuji dulu ris.
    there’s a rainbow after rain
    ganbatte

  3. 3 aris khomeini April 8, 2008 at 7:44 am

    @chic
    thanks ya

    @laili
    ia nih ujian trus….abis lulus dapet ujian apalagi ya??

  4. 4 myviolet April 8, 2008 at 9:08 am

    sipz..
    bener bgt tuh..
    sesudah kesuliatan ada kemudahan..
    tapi sayang banyak yang nyerah begitu aja ketika ketemu kesulitan..
    semoga kita termasuk orang 2 yang sadar..

    jangan lupa mapir tempatku ya..
    heheeh

  5. 5 myviolet April 8, 2008 at 9:47 am

    perasaan td dah masukin koment..kok g muncul ya……

  6. 6 uwiuw April 8, 2008 at 11:03 am

    sy termasuk orang yg percaya tuh dgn ucapan “dibalik kesusahan ada kemudahan”…kalau ngak yang tersisa sesudah kesusahan, yaitu kematian alias bangkrut alias…apa aja deh yg menyebalkan tapi sesudah itu kita kan bisa bangkit lagi kan ?

  7. 7 theloebizz April 8, 2008 at 2:54 pm

    ayoo..semangaaattt!!…and never give up!😉

  8. 8 aris khomeini April 8, 2008 at 5:52 pm

    @myviolet
    benar sekali semoga kita termasuk orang-orang yang sadar…

    @uwiuw
    Allah SWT tidak akan pernah memberikan kesulitan yang tidak bisa diselesaikan oleh hamba-Nya

    @theloebizz
    aduh makasih nih ada yg nyemangatin…hehe

  9. 9 bedh April 8, 2008 at 10:27 pm

    yup untuk membuat hasil yang bagus memang harus dilihat dari bagaimana usaha kita memperolehnya, dan nilai juga bukan keputusan akhir dan bisa menjadi tolak ukur dan review yang bagus untuk memperbaiki apa yang telah kita lakukan.
    nice post
    tetap semangat.😀

  10. 10 tehaha April 9, 2008 at 2:00 am

    wah..semangat..semangat..!!!
    ayo mas, kejar cita-cita..!!

  11. 11 presty larasati April 9, 2008 at 4:49 am

    yup, bener, setelah kesulitan pasti ada kemudahan buat orang2 yang sabar n istiqamah..🙂

    *tumben presty baik2 main k blog kumanz*😛

  12. 12 irrrr April 9, 2008 at 5:19 am

    lagi musim UTS yah/????
    waah,, untung gw dah lewat masa2 itu, mudah2an bisa segera lagi ngerasain pusingnya saat UTS😉

    gudlak yah… mudah2an hasilnya bagus2…
    smangat !!!!!😀

  13. 13 antown April 11, 2008 at 11:39 am

    terkadang prosesnya itu yang mambuat kita jadi malas untuk menjalaninya. yang penting kita juga bisa belajar dari kesalahan.

    piss

  14. 14 Romy April 11, 2008 at 4:18 pm

    Wah2, selamat berjuang yak!
    klo saya kyknya UTS ga UTS sama aja…
    Tugasnya tetep banyak! Huaah..Capek,,,

  15. 15 nexlaip April 12, 2008 at 1:18 am

    maju terus pantang mundur, merdeka!!!! waah kaya lagi jaman ’45 ya

  16. 16 marsini April 12, 2008 at 8:13 am

    moga TA nya sukses ya mass…
    bisa dapet A,

  17. 17 Okta Sihotang April 12, 2008 at 1:43 pm

    terkdang malah sulit terus magh…
    *garut – garut kepala*

  18. 18 aris khomeini April 13, 2008 at 5:31 pm

    @all (bedh, tehaha, presty, irrrr, antown, romy, nexlaip, marsini, okta sihotang)
    thanks buat komennya

    kadangkala kita jauh dari Allah saat kita senang,dan dekat dengan Allah saat kita mendapatkan ujian. Astagfirullah..mudah2an kita tidak seperti itu

    semoga ujian yang kita dapatkan tidak membuat kita lupa terhadap Allah…ambillah hikmah dari ujian tsb dan percaya lah bahwa Allah Maha Adil dan Maha Bijaksana yang mana tidak akan memberikan segala sesuatu yang tidak menurut kemampuan dan kadarnya.

  19. 19 gusfaniie May 31, 2011 at 7:52 am

    janji pasti dari Allah …

    btw, udah kelar belum tuh TA?

    salam kenal😉

  20. 20 gusfaniie May 31, 2011 at 7:53 am

    eh udah donk ya, thn 2008 baru ngeh… maaf, baru nemu ini soale abis cari2 surat al-insyirah diatas🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




logo_ittelkom

Twitter Updates

Blog Stats

  • 153,702 hits

Top Rated

logo_ittelkom logo_ittelkom

%d bloggers like this: