Happy Eid Mubarak 1430H

Idul Fitri atau dalam bahasa Arabnya Eid Al Fitr. ini adalah lebaran pertama gw di negara UAE. Tradisi mudik pulang ke kampung halaman yang biasa gw lakukan di indonesia menjelang hari raya idul fitri  kali ini tidak gw lak ukan, ya jelas saja karna gw baru 3 minggu disini, dan rasanya nggak mungkin kalo gw minta cuti buat pulang ke indonesia. Akhirnya kali ini cuman bisa memantau aktivitas mudik teman-teman melalui situs jaringan sosial, ” waa enaknya, jadi iri gw”.

Suasana lebaran di UEA di hari pertama terlihat biasa-biasa saja. mungkin karna gw nya jg sih gak kemana-mana :D pulang dari konjen trus silaturahmi ke tempat bos abis itu pulang ke apartemen. jadi ngga bsa memantau secara keseluruhan aktifitas lebaran disini, nah di hari kedua baru suasananya kelihatan cukup ramai, waktu gw mau pergi ke Mega Mall Sharjah, kelihatan sekali jalan menuju Mega Mall ramai oleh kendaraan roda 4 yang melintas, dan tentunya suasana di Mega Mall yang cukup ramai.

abis solat di konjen

abis solat narsis dulu..hehe

Alhamdulilah kemaren bisa solat Id di konjen Dubai bersama-sama orang Indonesia yang lain, jadi suasananya seperti di rumah sendiri, sehabis solat saling bersilaturahmi dengan yang lain dan yang paling dicari-cari adalah makanan khas Indonesia rendang plus ayam sambal…dah lama jg ngga makan yang kayak ginian. I love masakan Indonesia…hehe

konjen indonesia di dubai

konjen indonesia di dubai

Ada yang berbeda dengan suasana lebaran di UEA dngn Indonesia, dimulai dari malam hari yang biasanya di indonesia kita mendengar takbir dimana-mana, disini tidak terdengar gema takbir sama sekali, jadi tadinya sempat bingung lebarannya besok atau lusa hehe sedangkan dari internet gw lihat sidang isbat di Indonesia sudah memastikan kalo idul fitri dirayakan hari minggu, tp mikir juga ngga mungkin jg besok g lebaran, kalo di Indonesia aja udah bisa ngeliat hilal masa UEA yang letak geografisnya lebih barat merayakan Eid Fitr hari senin. kata orang sini sih malah biasanya UEA itu lebarannya lebih duluan dari Indonesia karna lebih dulu melihat hilal, kalo di Indonesia belum melihat hilal pada saat matahari terbenam maka besok akan dilanjutkan untuk berpuasa sehingga biasanya perbedaannya di UEA sudah lebaran dan di Indo baru akan dirayakan esok harinya,

makanan gini nih susah dicari di uni emirats

makanan gini nih susah dicari di uni emirats

Perbedaan lain yang gw lihat,  seperti yang kita tau kata-kata yang biasa diucapkan di Indonesia adalah Minal Aidin Wal Faizin. Seringkali kata-kata berbahasa Arab ini diikuti dengan kata-kata berbahasa Indonesia: mohon maaf lahir dan batin. Tapi, tahukah anda bahwa frasa Minal Aidin Wal Faizin itu tidak dikenal dalam budaya Arab?

Karna penasaran akhirnya gw googling dan menemukan bacaan di majalah.tempointeraktif.com  berjudul bahasa .dalam majalah ini Qaris Tadjudin seorang Redaktur Halaman Nasional Koran Tempo mengungkapkan bahwa memang frasa Minal Aidin Wal Faizin “berasal dari bahasa Arab, bahasa yang banyak menyumbang istilah keagamaan di Indonesia, baik agama Islam maupun Kristen.” Qaris mengatakan bahwa selain tidak dikenal dalam budaya Arab, frasa Minal Aidin Wal Faizin juga hanya dapat dimengerti oleh orang Indonesia. Frasa ini bisa ditemui dalam kamus bahasa Indonesia, tapi tidak ditemukan dalam kamus bahasa Arab.

Saat Lebaran, orang Arab biasa berkata dengan: Kullu sanah wa antum bikhair, yang berarti semoga sepanjang tahun Anda dalam keadaan baik-baik. Kalimat yang sama mereka ucapkan untuk menyambut tahun baru, Islam maupun Masehi. Mereka yang lebih beragama akan mengucap : Taqabbalallahu minna wa minkum (Semoga Tuhan menerima amal kami dan Anda). Selain tidak dikenal dalam budaya Arab,  minal aidin juga hanya dapat dimengerti oleh orang Indonesia. Justru kita akan kesulitan saat mencoba memahami artinya dalam bahasa Arab. Minal aidin wal faizin terjemahannya adalah: dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang. Ini tentu bukan kalimat sempurna. Entah dipenggal dari kalimat apa. Kalau mau menebak-nebak, mungkin yang dimaksud adalah: Semoga Anda termasuk orang-orang yang kembali (ke jalanTuhan) dan termasuk orang yang menang (melawan hawa nafsu).

Btw kayaknya semua itu ngga perlu dipermasalahkan, setiap negara pasti mempunyai kebudayaan sendiri yang penting kita sesama muslim mengerti arti dari hari kemenangan…sadappp

Taqabbalallahu minna wa minkum, Kullu aam wa antum bikhair

minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Selamat merayakan idul fitri dan berkumpul dengan keluarga.

About these ads

4 Responses to “Happy Eid Mubarak 1430H”


  1. 1 hamzah September 25, 2009 at 9:08 am

    ah gak seru mon gak ada takbir, gak rame :-P…

    emang indonesia negara paling heboh ya… hehe…

    mon tapi kata om gw di Dubai banyak orang eropanya ya? nikahin orang sono mon…. bos gw jg dapet orang dubai tp asli rusia… trus suruh muallaf mau dia.. cantik pisannn… trs anak2nya jg mon lucu2… itung2 perbaiki keturunan mon.. wuakakaka…

  2. 2 kumanz September 25, 2009 at 9:22 am

    - indonesia emang, hararepot zah

    siyal lu. tapi keren juga ide lo..bsa dipertimbangkan…hehe

  3. 3 asri October 11, 2009 at 11:54 am

    selamat idul fitri kakak!
    ;)

  4. 4 kumanz October 14, 2009 at 3:53 pm

    @asri

    sama2 selamat idul fitri jg…
    wah dah lama nih ga berkunjung…tar deh kapan2 mampir ke rumahnya asri jg


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




logo_ittelkom

Twitter Updates

Blog Stats

  • 109,497 hits

Top Rated

logo_ittelkom logo_ittelkom

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: